13 Jan 2012

Indonesia Itu Surga! eps 1

Sudah lama sebenernya aku pengen bikin sebuah tulisan tentang tanah airku yang sangat kusayangi ini. Namun terhalang oleh beban lain yang semakin bertubi. Baiklah, akhirnya keluangan waktu hari ini kumanfaatkan. Ini dia, sebuah semangat bagi kalian warga Indonesia, juga sebuah undangan pada seluruh manusia di bumi supaya dapat berkunjung ke negaraku.

Pilihan judul ocehan kali ini, "Indonesia Itu Surga!", karena saya ingin membuka mata kita semua, bahwa dibalik berita-berita negatif yang udah kaya sampah di Bantar Gebang, masih tersimpan berjuta harta karun milik Ibu Pertiwi.

Terinspirasi juga oleh seorang Jepang, yang siang ini sedang menyantap masakan Indonesia. Maka pikiran saya langsung terpancing, "Berapa harga makanan ini di sana? Yang di sini hanya sekitar 15 ribu rupiah." Ya, saya sangat mudah terpancing dengan makanan. Tahukah anda, bahwa resolusi Kementerian Pariwisata juga sedang menggalakkan kuliner sebagai potensi pariwisata? Hemm, menarik ya?

eps 1: Indonesia, Surganya Kuliner
Suburnya negara Indonesia. Hampir semua tanaman dapat tumbuh di negeri ini. Sehingga untuk kebutuhan pangan, sandang, dan papan mudah terpenuhi. Memang Indonesia belum secanggih negara-negara maju (ya namanya juga masih berkembang), tapi keuntungannya, dimana pun anda tersesat, anda masih dapat bertahan hidup untuk waktu yang lama.

Coba sebut makanan pokok Indonesia! Pasti anda akan menjawab "Nasi." Padahal masih banyak penduduk Indonesia yang tidak memilih nasi sebagai makanan pokoknya. Ada singkong, ubi jalar, jagung, sagu, kentang yang sama-sama mengandung karbohidrat tinggi, tapi lebih rendah dari nasi. Aneka makanan ini sering dikonsumsi penduduk yang sedang dalam diet, atau petani beras yang jarang makan hasil panen mereka.

Lalu beralih ke sayur. Sekian negara yang pernah saya kunjungi, jarang yang menyuguhkan sayuran hijau selengkap di Indonesia. Bahkan negara tetangga sendiri, selama saya di sana, jarang menemukan sayuran. Kalaupun ada, bumbu yang diracik kurang senendang yang di Indonesia. Indonesia memang surga!

Anda berkunjung ke Indonesia, dan susah mencocokkan lidah? Mungkin anda datang ke tempat makan yang salah! Anda suka masakan apa? Manis? Maka pergilah ke rumah makan masakan Jawa. Jika anda doyan yang pedas dan bersantan, maka pantasnya ke rumah makan masakan Padang atau Manado. Asin? Oh, itu sih dapur Sunda ahlinya. Atau mau yang berkuah? Soto, Bakso, atau Sop banyak tersedia dalam berbagai pilihan. Nikmat ya Indonesia? Iyalah, feels like heaven gituu!

0 komentar:

Posting Komentar